Pasar Atum: Kepekaan Sederhana Melintas Zaman Sang Perancang.

Tulisan ini saya buat spontan, setelah mengetahui peristiwa kebakaran Pasar Senen, Jakarta (19/01/2017). Dan seketika ingatan melompat dan mengetuk urat syaraf untuk membuka folder lama yang bertumpukan dan bercampur dengan file-file litelatur favorit lainnya. Agak berserakan namun ingatan ini terus memandu hingga ketemu. Nha. Ini dia.

Pasar atum surabaya

Sebuah bangunan pasar, meskipun saya sendiri belum pernah mengunjunginya secara langsung, namun melihat dari pelbagai litelatur yang bertebaran di dunia maya, pasar ini sungguh istimewa. Beberapa ulasan menarik dapat ditemukan mengenai pasar ini, terlebih untuk kondisi pasar itu sendiri. Namun dalam file ini lebih cenderung mengarah ke sudut pandang arsitektural.


Pasar atum surabaya

Peristiwa kebakaran yang menimpa bangunan pasar khususnya pasar tradisional di Indonesia cukup menjadi masalah klasik, ada celetukan nakal bahwa memang pasar itu sengaja di bakar untuk dibangun kembali. Namun kebenaran akan hal itu biarlah mereka ceritakan sendiri. Di sini saya ingin menyoroti tentang kenakalan seorang perancang, yang dengan jeniusnya menciptakan sebuah program ruang untuk menciptakan sebuah kolam renang di lantai atas sebuah bangunan pasar.

Pasar atum surabaya

Pasar Atum, Surabaya. Berdiri sejak tahun 1972, keberadaan kolam renang di lantai atas inilah yang menjadi pembeda dengan pasar lainnya.  Sang perencana dengan cermat mempertimbangkan keberadaan kolam renang ini, bukan dalam rangka untuk hiburan, namun lebih cenderung untuk cadangan air yang sewaktu-waktu terjadi kebakaran, mengingat lokasi pasar dalam perkembangannya akan berdampak pada keramaian di sekitar pasar yang berakumulasi menjadi sebuah kemacetan yang wajar. Pemikiran runtut dari sang perencana dalam memperkirakan kondisi yang akan terjadi serta meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang tidak dikehendaki sudah sepatutnya untuk dikaji lebih dalam atau mungkin bisa jadi menjadi kiblat dari perencanaan bangunan pasar di Indonesia. 

Pasar atum surabaya

Sangat tenang dan sejuk. Sesederhana parasnya dan jauh dari kemerisik arus deras perarsitekturan, dengan displin yang matang, ia justru diam-diam menyelinap mendekati tanah. Membumi. Pak Harjono Sigit, beliaulah perancang sederhana pasar tersebut. Sehat terus pak, hormat saya.




Sumber referensi dan gambar: http://ayorek.org/harjonosigit#sthash.kg2tLABm.dpbs 

Aditxdreamers

Arghshitechcure Project adalah Sebuah kelompok diskusi kecil yang mencoba memaknai setiap jengkal langkah kehidupan melalui beragam sudut pandang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar