Tamansari Kampung Vertikal

 Kampung Tumbuh Taman Sari

 Kampung tumbuh

Realitas urban adalah kampung kota, terutama pemukiman warga dengan kemampuan ekonomi menengah-bawah yang seringkali luput dari pembangunan yang adil dan merata. Maka, seringkali isu sosial urban yang terjadi di kota-kota besar Indonesia adalah isu survival kaum ‘papa’dan perebutan hak-hak bermukim. Bermula dari isu ini, perspektif kampung kota dan kebutuhan akan hunian vertikal di rekonstruksi. Bagaimana kita bisa membuat desain yang mampu mengakomodasi spirit kampung dalam ruang formal yang disusun secara vertikal.




Kampung tumbuh
Kampung tumbuh








 


Memberikan kesempatan terhadap hunian vertikal untuk tumbuh, artinya memberikan kesempatan kepada warga untuk terus mengembangkan hidup dan meningkatkan kesejahteraan. Informalitas dan komunitas, adalah spirit yang berusaha diangkat dalam desain ini. Konsep berbagi ruang, memberikan pengalaman baru dimana berbagi ruang terasa sama baiknya dengan memiliki ruang pribadi sendiri dengan menskalakan nilai-nilai kekeluargaan khas tradisi masyarakat kampung kita pada tatanan arsitektural yang vertikal.



Kontributor Penulis & Dokumentasi:

Adam Sapta Maulida
Graphic Designer - Illustrator - Architecture Student
Faculty of Vocational and Engineering
Indonesia University of Education



Arghshitechcure Project

Arghshitechcure Project adalah Sebuah kelompok diskusi kecil yang mencoba memaknai setiap jengkal langkah kehidupan melalui beragam sudut pandang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar