Homestay Merapi Sigar (Competition Entry)

Desain homestay unik jogja

Mendesain sebuah Homestay dengan ukuran maksimal 3 x 3 m dan tinggi maksimal 8 meter (2 lantai) dengan menggunakan konstruksi panggung dan bambu sebagai material utama. Lokasi  berada di kawasan Bambooland, Desa Ngepring, Purwobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Kendala yang dihadirkan adalah keberadaan pohon ekisting yang harus dipertahankan serta bagaimana desain homestay ini dapat diaplikasikan secara gotong-royong pembangunannya guna pemberdayaan masyarakat melalui pertukaran pengetahuan dalam mengolah material bambu yang tumbuh baik secara kuantitas di daerah tersebut.


Merapi Sigar, adalah sebuah gimmick konsep yang coba dihadirkan melalui sentuhan desain yang sederhana. Secara massa bangunan didominasi bentuk limas segi empat yang pada bagian pucuknya terfragmentasi untuk memberikan kesan sigar (tersayat). Ide ini mengacu pada keberadaan gunung Merapi, yang notabene berada di daerah tersebut. Dan secara sistem bangunan menerapkan sistem passive cooling yang didapat dari sistem ventilasi silang yang diletakan dari segala sisi. Sedangkan untuk fasad bangunan melebur menjadi satu bagian bersama atap bangunan yang berupa susunan sirap bambu, dan atap pada bagian atasnya menggunakan material penutup polycarbonate bening yang mana diharapkan dapat memberikan kesan seperti halnya kawah merapi pada saat kondisi malam hari saat terkena bias pencahayaan dalam ruangan di lantai dua.

Desain homestay unik jogja

Desain homestay unik jogja

Desain homestay unik jogja

Bamboo joint

Desain homestay unik jogja

Aditxdreamers

Arghshitechcure Project adalah Sebuah kelompok diskusi kecil yang mencoba memaknai setiap jengkal langkah kehidupan melalui beragam sudut pandang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar