Hour Glass (Competition Entry)

Wudhu adalah salah satu cara menyucikan anggota tubuh dengan air.  Seorang muslim diwajibkan bersuci setiap akan melaksanakan shalat.  Berwudhu bisa pula menggunakan debu  yang disebut dengan tayammum. Hal ini berkaitan dengan fasilitas sanitasi untuk penggunaan umum berkembang bersama dengan mobilitas manusia global. Tidak terbatas pada satu negara, fasilitas sanitasi umum harus dapat melayani berbagai kebiasaan, budaya, dan kebutuhan. Berwudhu juga tidak terlepas dari sumber daya alam, yakni air sebagai instrument utamanya. Di beberapa negara, air merupakan masalah yang sangat vital, bahkan tak jarang menjadi barang komoditas yang mahal hingga munculnya berbagai macam inovasi teknologi yang berkaitan dengan air, baik cara mengolah maupun menghematnya. Budaya hemat air belum begitu populer di negara yang (masih) kaya sumber daya airnya, meskipun krisis akan air bergerak secara massif menghantui sebagian negara-negara maju dan berkembang yang belum siap secara infrastruktur dan mendorong perilaku hemat energi.

archdaily pinterest

archdaily detail pinterest

Hour Glass sendiri tak lebih dari gagasan dalam merespon isu di atas melalui desain ruang wudhu. Mengupayakan prinsip keberlanjutan tentang tata kelola air dan hemat energi. Terkait olah bentuk modul hour glass manifestasi dari jam pasir yang secara psikologis mengingatkan tentang waktu yang kaitannya sangat erat dengan kegiatan ibadah sholat itu sendiri. Selain itu jam pasir juga mengadopsi prinsip dasar hemat energi dalam penggunaannya. Dari sanalah hourglass ditransformasikan menjadi modul-modul utama pada ruang wudhu, yang mencakup fungsi, struktur dan estetika.


archdaily

archdaily

Aditxdreamers

Arghshitechcure Project adalah Sebuah kelompok diskusi kecil yang mencoba memaknai setiap jengkal langkah kehidupan melalui beragam sudut pandang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar