LPI KAUTSAR MADANI ELEMENTARY SCHOOL (PROPOSAL DESIGN)

ELEMENTARY SCHOOL (PROPOSAL DESIGN)
Klien yang notabene salah satu pengurus yayasan swasta yang bergerak di dalam dunia pendidikan mempunyai mimpi membangun yayasannya sendiri. Ia datang dan bercerita tentang harapannya ke depan, bermodalkan tanah seluas 3859 m² di daerah Cisereh, Tigaraksa, Tangerang. Dengan pengalamannya terhadap kondisi kompleks bangunan yayasan ekisting yang berkembang tapi tidak ada perencanaan terkait pembangunan sarana dan prasarana. Ia berharap ada perencanaan terkait gambaran akan seperti apa visualiasi jika lahan ini dibangun yayasan pendidikan setingkat sekolah dasar.

Desain yang sederhana dengan berpijak pada arsitektur tropis coba kita tawarkan serta mengakomodasi keinginan dari klien yang ingin tetap mempertahankan beberapa pohon buah rambutan yang berada di sekitar tapak perencanaan. Batasan dan kesulitan pada perencanaan ini adalah bersinggungannya site tapak dengan lokasi makam keluarga dari klien.

Desain sekolah

Isu yang coba diangkat pada perencanaan ini mengenai prinsip tropis yang diterapkan pada desain dengan dinding berongga guna mengurangi kelembaban udara serta mengalirkan udara ke ruang guna kenyamanan thermal. Penambahan atap overhang pada sepanjang selasar bangunan juga bagian dari upaya untuk mereduksi tampias hujan serta jatuhnya sinar matahari pada siang hari.

Terkait wajah bangunan, pemilihan kaca warna-warni berperan secara psikologi untuk membangkitkan energi yang membuat proses belajar mengajar menjadi aktif antara siswa dan guru. Penggunaan warna juga  dapat memberikan ketenangan, konsentrasi, kesan gembira. 
desain sekolah dasar








desain sekolah dasar




















Aditxdreamers

Arghshitechcure Project adalah Sebuah kelompok diskusi kecil yang mencoba memaknai setiap jengkal langkah kehidupan melalui beragam sudut pandang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar