ISLAMIC CENTRE AL ADZHOM TANGERANG (TUGAS AKHIR ARSITEKTUR)



Dalam sejarah Islam, istilah Islamic centre sendiri belum pernah dikenal sebelumnya. Istilah Islamic centre sendiri berasal dari negara-negara barat, yaitu suatu tempat untuk menampung kegiatan ibadah shalat, ceramah agama atau kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan ke-Islaman. Awal mula kemunculannya, disebabkan oleh keresahan umat muslim minoritas di negara-negara barat, yang mengalami kesusahan dalam beribadah dan bersilaturahmi dengan umat muslim lainnya. Seiring dengan perkembangan zaman, Islamic centre mulai didirikan untuk memenuhi kebutuhan umat muslim yang berada di negara-negara yang sedang maju dan berkembang seperti di Indonesia.

Islamic centre ini nantinya merupakan sebuah komplek bangunan yang diharapkan dapat mewadahi kegiatan masyarakat seperti ibadah, pendidikan agama, sosial, ekonomi (perdagangan, simpan pinjam dan koperasi) dan sebagai tempat pariwisata khususnya di kota Tangerang. Kegiatan utama yang terdapat pada Islamic centre ini berupa kegiatan ibadah, pendidikan agama serta sebagai sarana pariwisata serta berinteraksi dan bersosialisasi bagi masyarakat. Selain itu Islamic centre ini juga diharapkan menjadi wadah bagi ide dan lahirnya gagasan baru yang selaras dan relevan dengan perkembangan zaman melalui pemikiran dan beragam kajian mengenai permasalahan umat.


Lokasi tapak perencanaan ini memiliki luas 25.770 m², dengan KDB sebesar 40% (10.308 m²), KDH sebesar 30% (7.731 m²) dan KLB 2, serta ketinggian maksimal bangunan 5 lantai. Sedangkan untuk GSB diambil 50% dari lebar jalan yang bersinggungan dengan tapak perencanaan. Diharapkan dari lokasi tapak terpilih ini dapat meningkatkan kualitas lingkungan yang berdasarkan pada keimanan dan ketakwaan serta dapat menjadikan pusat kegiatan Islam dan berpengaruh ke masyarakat, sehingga menciptakan kondisi masyarakat yang berakhlakul karimah. Lokasi tapak ini berbatasan dengan daerah atau tempat lain, yaitu :
  •         Batas Barat tapak       : Pemukiman penduduk, perkebunan
  •         Batas Utara tapak       : LP Anak-Anak
  •         Batas Timur tapak       : Jalan Sekunder
  •         Batas Selatan tapak    : Jl. Satria Sudirman, taman pemancingan.

Penzoningan pada tapak dilakukan dengan menyimpulkan penzoningan hasil dari analisa tapak ,sehingga menjadi zoning usulan yang akan menjadi acuan dalam menentukan peletakan massa bangunan. Secara garis besar proyek ini terbagi menjadi empat zoning utama yaitu Zona Pendidikan (1), Zona Komersil (2), Zona Service(3) & Perkantoran (4).





Konsep massa yang ditekankan adalah sikap massa bangunan dalam merespon bentuk site yang diharapkan dapat menjadi harmonis dalam skala kawasan. Massa bangunan baru tidak mengikuti orientasi masjid yang terikat dengan arah kiblat. Namun untuk menyelaraskan massa bangunan baru dengan masjid ekisting dibantu melalui pendekatan desain landscape yang mengikat dan meneruskan antara massa bangunan baru dan masjid ekisting.






Pada site tapak yang sudah dianalisa melalui software shadow analysis terlihat jelas pembayang yang terjadi oleh sinar matahari yang datang dari arah timur menuju ke barat. Hasil pada software shadow analysis ini, dihitung dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore, pada rentang waktu itu terjadi pergerakan matahari yang sudah disesuaikan dengan titik kordinat aktual pada site tapak yaitu 6.169771S dan 106.639018E. Warna kuning di area menunjukan bahwa waktu terjadinya bayangan terjadi cukup singkat, sedangkan untuk warna biru tua, menunjukan bahwa di area tersebut bayangan terjadi cukup lama, bisa disimpulkan sangat teduh.


Konsep Fasade pada bangunan Islamic centre, diharapkan selain fungsi utamanya sebagai secondary fasade, dan juga dapat menjadi point of interest serta identitas tersendiri bagi kawasan sehingga menimbulkan sense of place. Terkait dengan identitas karakter kawasan serta kaidah keimanan, konsep fasade bangunan ini menggabungkan dua unsur pola yang identik. Dari segi kawasan, kota Tangerang menyematkan pola sungai Cisadane pada logo Kota-nya. Sedangkan untuk esensi keimanan, digabungkan dengan seni kaligrafi bertuliskan lafadz Tuhan (Allah).



















































Aditxdreamers

Arghshitechcure Project adalah Sebuah kelompok diskusi kecil yang mencoba memaknai setiap jengkal langkah kehidupan melalui beragam sudut pandang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar