CHARITY BOX, SAFE THE OTHERS

Awal mulanya disuatu sholat Jumat, para jamaah biasanya berinfaq di masjid. Beberapa kesempatan kotak infaq diletakan di depan pintu. (biasanya diedarkan sembari mendengarkan khotbah jumat), saya pikir ini untuk meminimalisir terjadinya kontak langsung secara bergiliran pada kotak tersebut. Tindakan preventif yang patut diapresiasi guna menjaga keselamatan para jamaah.






Namun dilain waktu kotak infaq itu akhirnya diedarkan kepada para jamaah. Alhasil terjadi kontak pada pegangan kotak tersebut. Ada suatu momen dimana jamaah yang membawa anaknya sholat, berinfaq lalu memasukan uang ke kotak tersebut, lalu ia segera menyuruh anaknya memakai handsanitizer yang kebetulan disediakan pihak masjid dan dekat dengan posisi duduk belio. Hand sanitizer ini hanya diletakan di atas kotak amal yang besar. Kejadian ini tepat berada di depan saya.




Dari hasil pengamatan itu, tercetus rancangan sederhana kotak infaq yang beradaptasi dengan pandemi COVID19. Rancangan ini ditujukan agar para jamaah tetap aman meskipun terjadi kontak pada pegangannya pada saat berinfaq maupun tidak. Pada saat terjadi kontak pada pegangan kotak yang sudah di modifikasi sedemikian rupa, secara otomatis reflek tangan juga ikut menekan botol spray hand sanitizer yang dimana kepala botol spraynya menghadap ke arah gengaman tangan. Skema demikian yang diharapkan agar keamanan serta peran daripada kotak infaq itu bermanfaat bagi khalayak. Menyelamatkan dari sisi harta dan kesehatan. :)







Aditxdreamers

Arghshitechcure Project adalah Sebuah kelompok diskusi kecil yang mencoba memaknai setiap jengkal langkah kehidupan melalui beragam sudut pandang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar