PUJASERA TIGARAKSA (PROPOSAL DESAIN)


Di rencanakan di atas lahan seluas 4404 m² di daerah Tigaraksa, Tangerang. Bangunan Pujasera (Pusat Jajan Serba Ada) mencoba hadir di tengah-tengah lingkungan masyarakat sebagai alternatif dalam hal pilihan tempat kuliner dan ruang bersantai bersama keluarga maupun teman dan kolega. Lingkungan binaan yang direncankan untuk bisa menampung kurang lebih 350-500 orang ini mencoba mengadopsi pendekatan konsep open space (ruang terbuka). Dimana pada massa bangunan utama (area kuliner indoor) saling terikat dengan lansekap luar yang sebagian besar adalah area kuliner outdoor serta taman bermain.




Mengingat bangunan ini direncanakan di masa pandemi, sedemikian mungkin mengadopsi beberapa prinsip yang memungkinkan dapat menekan terjadinya penyebaran virus di dalam ruangan, salah satunya dengan memperhatikan sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan tertutup. Salah satunya berada di area Mini Cafe dan Busta Chicken yang menerapkan sirkulasi silang untuk udara di dalam ruang dengan menempatkan beberapa jendela jenis nako serta penggunaan roster kerawangan. 









Konsep open space dipertegas dengan tidak menghadirkan dinding massif pada sekeliling bangunan utama. Hal ini guna memaksimalkan pandangan mata yang langsung ke arah area outdoor dan disisi lain juga memaksimalkan penghawaan alami. 



















Sedangkan untuk lansekap luar sendiri dirancang dengan menambahkan konsep kolam retensi sebagai bagian dari respon terhadap dampak perubahan iklim. Lansekap dibuat cekungan-cekungan yang pada saat musim kemarau bisa digunakan untuk tempat bermain/meletakan mainan seperti halnya ayunan.


Sedangkan pada kondisi musim penghujan cekungan ini berfungsi sebagai kolam tempat parkir air sementara sebelum diresapkan maupun di buang sebagian ke riol kota. Dalam hal ini, bentuk dari upaya tanggung jawab perancangan bangunan Pujasera terhadap lingkungan. 













Aditxdreamers

Arghshitechcure Project adalah Sebuah kelompok diskusi kecil yang mencoba memaknai setiap jengkal langkah kehidupan melalui beragam sudut pandang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar